Jumat, 18 November 2016

Belajar Bagaimana Caranya Belajar NHW#5

📝 *BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR*📝 (Learning How to Learn)



Untuk tugas kali ini rasanya nano-nano, antara semangat mau mengerjakan tapi bingung mesti menulis apa.. Hihihi.

Tidak seperti tugas2 sebelumnya kali ini, tugasnya simpel membuat design pembelajaran. Gak ada embel2 tambahan atau penjelasan lagi. Seisi kelas kemudian gaduh, bingung, bertanya2, namun rupanya itulah salah satu bentuk kami belajar. Persis seperti materi kali ini, belajar bagaimana caranya belajar.

"Kira2 saya akan berikan Ikan atau Kail?" tanya bu septi disela2 diskusi malam itu.

Tiba2 AHA.. Itu dia rupanya, Bu Septi tidak ingin memberikan banyak intervensi dan instruksi, tetapi membebaskan peserta kelas matrikulasi untuk bebas mengeksplore dirinya, mengenali diri dan gaya belajarnya sehingga bisa membuat desain belajar yang betul2 unik dan sesuai dng pribadi masing2.

Sy lalu meneliti diri, apa kegiatan belajar yg paling sy sukai dan bisa berlama2 melakukannya..

1. Membaca, selain karena hobi membaca memang tak bisa lepas dari setiap aspek kehidupan kita, apalagi dng seiring perkembangan tekhnologi, medsos, blog, website begitu mudah diakses yg mengharuskan kita selalu membaca.
Nah disitulah proses belajar saya, banyak2 membaca referensi terkait dengan passion dan profesi saya.

2. Mengamati, ini juga menjadi kegiatan baru dan menyenangkan bagi saya. Suka mengamati tingkah laku, cara berbicara, cara menyampaikan pendapat, cara bertanya, cara menyelesaikan masalah, cara berinteraksi, orang2 disekitar saya. Kemudian sy olah, sy pilah, sy seleksi yang mana yang positif dan bermanfaat sehingga bisa ditiru dan di modifikasi, kemudian diaplikasi ke kehidupan saya dan keluarga. Dan tak jarang menjadi bahan diskusi bagi keluarga kami.

3. Menulis, ini adalah hobi yg sering hilang namun sangat ampuh dalam segala situasi. Menulis merupakan senjata dan ide2 menjadi pelurunya. Ilmu, hasil pengamatan, ataupun lintasan ide bisa seketika menguap jika tak segera dituliskan. Jadi mau tidak mau, suka atau tidak suka, kegiatan ini harus dipaksakan agar terbiasa.
Menulis juga sering menjadi obat ditengah kegalauan, menjadi jalan menyalurkan rasa hati, menjadi pintu keluar dari sebuah labirin permasalah yg panjang. Menghasilkan 1 tulisan terkadang rasanya plong seperti sehabis bersalin. Ada hasil yang membuat bahagia dan tersenyum.

Berangkat dari 3 hal tersebut, yang merupakan cara2 belajar ala saya, kemudian menuangkannya dalam checklist harian, dengan memberikan porsi yg seimbang, itulah desain belajar saya.
Desain belajar dengan berpatokan pada proses membaca, mengamati, dan menulis.
Desain belajar visual.

Target pencapaian: Penulis
Bidang: Muslimah dan Parenting Islami
Cara:
1. Membaca 1 artikel 1 hari.
2. Mengamati orang2 sekitar, tokoh2, para 'guru', lalu mengcopy, modifikasi dan terapkan yg baik, tinggalkan yg buruk.
3. Membuat tulisan minimal 1/pekan.
Waktu: Sampai KM-3. 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar