Senin, 20 Juni 2016

NHW#5 Gaya Belajar

Tugas ke 5 matrikulasi ini mengajarkan saya agar semakin mengenal pribadi sendiri, mengenal cara belajar terbaik, mengetahui proses yg sy alami dan hasil dari proses tersebut.

1. Masa Lalu
Sejak kecil sy sudah sukaaa sekali membaca, buku apa saja saya baca, bahkan sewaktu masih kelas 4 SD sy membaca buku diktat kuliah ibu saya yang tebalnya alamak.. Lebih tebal dari skripsi yg saya susun saat menyelesaikan kuliah dulu.

Dan saking sukanyaa sy membaca, beberapa dosa masa lalu masih sering terbayang2 hingga kini. Penyebabnya adalah, perpustakaan sekolah kami mensyaratkan buku hanya boleh dibaca di ruang perpustakaan atau ruang kelas saat materi pengayaan. Sedangkan buku2 cerita yang menarik hati itu gak tuntas terbaca dalam waktu 2 jam pelajaran. Akhirnyaa setelah menimbang dan memperhatikan akhirnya memutuskan untuk 'meminjam beberapa hari' untuk dibawa pulang kerumah, diselipkan diantara buku tulis lainnya..
Ah.. Masa lalu yg mengenaskan sekaligus membahagiakan..hiihihi.. -bukan untuk ditiru yaa-

Back to nice homework..
Selain membaca, kegiatan lainnya sepertinya tdk banyak menarik perhatian saya. Seperti menghafal, menerjemahkan, hanya sekedar menyelesaikan kewajiban dr bapak/ibu guru. Apalagi dengan Pidato ataupun bercerita, sesuatu yg sangat memompa aliran darah dan degup jantung saya, sebab aslinya sy adalah orang yg demam panggung tidak PD tampil didepan banyak orang. Itulah sebabnya sy lebih suka bekerja dari balik layar atau lebih tepatnya duduk manis depan layar laptop.. Hahaha..

Dalam menyelesaikan tugas sy lebih suka sendiri, mengerjakan dalam kondisi tenang. Dan kegiatan tersebut berlanjut dalam kehidupan saya dimasa dewasa. Jika menghadapi kendala biasanya sy berhenti sejenak, bertanya pd diri sendiri, atau ajak teman diakusi singkat, biasanya akan muncul ide atau solusi.

2. Masa Sekarang
Seiring dng perjalanan waktu, rupanya proses belajar saya masih diseputar membaca dan bertambah dengan mengamati. Terlebih dalam hal belajar untuk menguasai sesuatu hal maka hal pertama yg sy lakukan adalah membaca banyak literatur yg berkaitan dan mengamati prosesnya.

Setelah menemukan passion yakni menulis, kegiatan membaca sangat banyak bermanfaat, menambah wawasan, memperkaya materi tulisan, belajar dan mengamati penulis2 yg sudah ahli dan punya jam terbang tinggi. Semuanya sy pelajari dr kegiatan membaca, dan era multimedia yg sangat pesat mendukung dalam proses pencarian ilmu tersebut.

3. Pertimbangkan Proses
Dalam proses belajar saat ini tujuan utama adalah menjadi Ibu dan Istri yang menyenangkan dan membahagiakan keluarga. Dan selanjutnya kegiatan menulis menjadi no 2. Beberapa rencana dan target yg telah disusun, program2 yg akan diikuti, semuanya adalah proses belajar.

Sy tidak hanya berfokus pada beberapa sumber saja, tapi berupaya untuk memperkaya sumber dan materi, untuk kemudian diruncingkan dan menjadi sebuah kegiatan yg bermanfaat dan produktif.

4. Review
Setelah semua berjalan, beberapa waktu perlu rehat sejenak, melihat kembali apa2 yg telah dilakukan, sudah sesuaii denan visi misi kah? sudah sesuaii tujuan penciptaan kah? dapat berjalan seimbang dengan peran yg saat ini diemban?

Dengan mereview saya bisa mengukur apa yg sy lakukan sukses atau belum sukses, bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan saya, dan tentu saja menjadikan lebih fresh dan menambah ide2 baru setelah beristirahat sejenak.

Untuk hasil serahhkan sepenuhnya kepadaNya.. Kita hanya bisa berupaya dan berusaha seoptimal mungkin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar